Selamat Datang di JiDianHP's blog^^

Kamis, 22 September 2011

Fungsi pertahanan negara

Angkatan Laut

Angkatan laut (AL) adalah bagian dari angkatan bersenjata sebuah negara yang digunakan untuk peperangan di atas perairan, termasuk peperangan amfibi marinir Operasi yang dilakukan angkatan laut dilaksanakan menggunakan kapal perang, kapal amfibi, kapal selam serta serangan udara dari laut.

Salah satunya kapal perang, yang mempunyai fungsi pertahanan negara sebagai berikut:
  • Menegaskan posisinya di perairan
  • Memberikan jaminan keamanan di perairan untuk melindungi negaranya
  • Memberikan jaminan keamanan di perairan untuk melindungi aktivitas negaranya seperti nelayan dan   perdagangan
  • Mengangkut persenjataan seperti meriam jika terjadi perang
  • dll...
Pada masa sekarang ini, khususnya negara-negara yang memiliki kawasan perairan, kebutuhan membangun Angkatan Laut dan kapal-kapal perang adalah penting. Yang kemudian disesuaikan dengan kemampuan dan kesanggupan masing-masing negara. Sebagaimana Angkatan Udara, pembangunan Angkatan Laut bergantung pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di dunia perairan. Selain itu, membangun angkatan laut membutuhkan biaya dan sumber daya yang besar. Tidak hanya untuk membangun jumlah armada yang dibutuhkan, melainkan juga untuk menjaga agar armada yang ada dapat beroperasi dengan baik.

Angkatan Darat




Angkatan darat (AD) adalah bagian dari angkatan bersenjata sebuah negara yang digunakan untuk peperangan di daratan. Angkatan darat utamanya terdiri dari prajurit, serta kendaraan tempur darat seperti kendaraan tempur lapis baja dan kendaraan angkut, ditambah dengan dukungan helikopter.

Salah satunya angkatan kendaran tempur lapis baja/ tank, yang mempunyai fungsi pertahanan negara sebagai berikut:
  • Kendaraan yang membawa meriam besar untuk keperluan berperang
  • Alat transportasi perang yang dapat bergerak lancar di berbagai medan
  • dll...
Meskipun tank adalah kendaraan yang mahal dan membutuhkan persediaan logistik yang banyak, tank adalah senjata paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun, dan shock value-nya terhadap infanteri. Kendaraan ini sebenarnya tidak dirancang untuk melakukan pertarungan langsung, melainkan untuk membawa tentara secara aman dilindungi dari senjata ringan dan pecahan-pecahan ledakan. APC bisa menggunakan roda biasa maupun roda rantai.

Angkatan Udara


Angkatan udara (AU) adalah bagian dari angkatan bersenjata sebuah negara yang digunakan untuk peperangan udara. Angkatan udara umumnya terdiri atas pesawat tempur, pesawat pengebom, helikopter, pesawat angkut, dan pesawat udara lainnya. Angkatan udara juga umumnya bertanggung jawab atas kegiatan militer luar angkasa, seperti peluru kendali balistik antar benua dan komunikasi satelit. Beberapa angkatan udara juga mengepalai aset-aset pertahanan udara seperti artileri anti-udara, peluru kendali darat ke udara, dan sistem pertahanan udara lainnya.

Salah satunya pesawat tempur, yang mempunyai fungsi pertahanan negara sebagai berikut:
  • Menyerang pesawat tempur lain di udara
  • Sebagai alat pertahanan negara di udara
  • Penyerangan musuh yang ada di darat dari udara
  • dll...
 Pesawat tempur adalah pesawat yang digunakan untuk perang di udara. Umumnya pesawat tempur berbentuk ramping, dapat bergerak lincah, membawa canon (senapan mesin) serta rudal dan bom, berkecepatan tinggi, dilengkapi dengan perlengkapan avionik yang lebih banyak daripada pesawat sipil/penumpang seperti radar yang mampu mendeteksi lawan dalam jarak jauh serta mengunci sasaran lawan. Terlebih lagi dilengkapi dengan peralatan pengecoh dan pengacau radar, sampai berkemampuan "siluman" (stealth).

Via:Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar